pochettino

Mauricio Pochettino memuji para pemain Tottenham yang berhasil menyelesaikan sebuah ‘mission impossible’ setelah berhasil menahan imbang Barcelona

Spurs harus bisa menyamai hasil yang diraih Inter Milan melawan PSV Eindhoven, dan dengan kedua tim mengamankan hasil imbang 1-1, itu artinya tim dari liga primer Inggris yang maju ke babak 16 besar.

Manajer Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino memuji para pemainnya karena berhasil menyelesaikan “misi mustahil” setelah hasil imbang 1-1 di Barcelona terbukti cukup untuk membawa spurs lolos ke Liga Champions UEFA babak 16 besar.

Spurs berangkat ke Barcelona dengan misi mengakhiri laga dengang hasil yang sama dengan Intermilan vs PSV, mengingat rekor head-to-head dari klub liga primer Inggris dengan klub rival Italia mereka. Tottenham Hotspurs memang memiliki rekor lebi baik daripada Inter Milan, sehingga hasil imang saja sudah cukup unutk spurs melangakah ke babak 16 besar.

Namun, Barcelona yang diisi oleh para pemain lapis kedua berhasil memimpin terlebih dahulu dengan gol individu Ousmane Dembele yang sensasional membuat pekerjaan Tottenham Spurs semakin berat di Camp Nou.

Namun Spurs merebut tempat mereka di babak berikutnya berkat gol di menitakhir Lucas Moura, yang berhasil membuat posisi Spurs menyelinap di atas Inter, yang hanya bisa bermain imbang 1-1 di kandang PSV.

“Saya sangat senang, sangat bangga, saya ingat bahwa setelah PSV tidak ada yang percaya pada kami, itu adalah misi yang mustahil, tetapi kami di sini, kami berada di babak berikutnya,” kata Pochettino kepada wartawan.

“Ini adalah pencapaian besar bagi klub, kami senang untuk para penggemar di sini dan di seluruh dunia, ini adalah dorongan besar untuk klub dan untuk dapat bermain di babak sistem gugur tahun depan di stadion baru adalah motivasi besar untuk kami.”

Harapan Tottenham untuk tinggal di kompetisi elit Eropa tampak hancur ketika berita disaring melalui leveler Mauro Icardi untuk Inter.

Pochettino mengatakan dia dan para pemainnya terjebak dalam dua pikiran tentang apakah akan mencoba bertahan untuk undian atau mencari pemenang jika Inter mendapat gol lain dalam pertandingan mereka.

“Sulit untuk mengelola 10 menit terakhir. Para pemain tahu hasil (skor) Inter tetapi sulit untuk menerjemahkan apa yang harus dilakukan ke lapangan,” katanya.

“Anda harus mencetak gol untuk menang tetapi jika Anda mengakui dan kalah dalam pertandingan, mungkin Anda berbicara dengan cara yang berbeda setelah itu.”

Pochettino juga mengatakan mencapai babak 16 besar dari grup yang berisi dua raksasa kompetisi adalah di antara pencapaian terbesarnya dengan Spurs sejak mengambil alih klub pada tahun 2014.

“Sangat sulit untuk mengatur semua yang ada di dalam tetapi kami melakukan upaya yang fantastis. Untuk melihat dan merayakan dengan semua orang setelah empat tahun dan setengah adalah hebat, itu adalah pertama kalinya saya merasakan sesuatu yang sangat istimewa,” katanya.

“Hubungannya luar biasa tapi kita harus pintar tentang bagaimana kita mengelola energi itu malam ini.”